Home ~ Artikel LDII ~ Outbound Dakota “Ketok’e mung kiprah, nanging ibadah”

Outbound Dakota “Ketok’e mung kiprah, nanging ibadah”

1

Bukan hanya kesenangan, keseruan, canda tawa dan apapun yang sifatnya hanya untuk kesenangan dunia yang kami harapkan. Akan tetapi lebih dari itu, guna untuk menjaga kesolidan, kekompakan, loyalitas dan tentu saja ganjaran dari Allah lah yang selalu kita inginkan. Itulah yang melatar belakangi pemuda-pemudi Dakota yang diketuai oleh Sdr. Mahfud Rizki Amin (bro Mahfud) untuk melaksanakan kegiatan outbound ini. Karena dengan perantara kegiatan ini, kami yakin dengan slogan “ketok’e mung kiprah nanging ibadah” (kelihatannya hanya senang-senang, tapi bernilai pahala).

Outbound training adalah kegiatan pelatihan di luar ruangan atau di alam terbuka (outdoor) yang menyenangkan dan penuh tantangan. Bentuk kegiatannya berupa simulasi kehidupan melalui permainan-permainan (games) yang kreatif, rekreatif, dan edukatif, baik secara individual maupun kelompok, dengan tujuan untuk pengembangan diri (personal development) maupun kelompok (team development). Melalui pelatihan outbound, diharapkan lahir “pribadi-pribadi baru” yang penuh motivasi, berani, percaya diri, berfikir kreatif, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, kooperatif, rasa saling percaya, dan lain-lain.

Sebagaimana yang Alhamdulillah telah kami lakukan yaitu dari salah satu komunitas kepengurusan muda-mudi Desa Kota Dua (Dakota), LDII KOTA MALANG tepatnya pada Hari Minggu 3 April 2016, yang dilaksanakan di tempat pariwisata Coban Talun, Kota Batu.

2

Pembukaan outbound oleh Ir. H. Najih Fuadi

Kegiatan yang dilakukan setengah hari ini, yakni mulai pagi hingga siang hari cukup menyenangkan dan banyak hikmahnya. Kegiatan outbound yang berisikan game berjenis “psychogame” ini bisa dikatakan sangat menarik dan cukup untuk melepas kejenuhan beberapa saat. Bukan hanya itu saja, akan tetapi terdapat beberapa manfaat dari game tersebut yang bisa dirasakan oleh masing-masing peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dan dibina oleh 8 trainer. Suasana alam yang sejuk, indah, dan mempesona pun sangat mendukung kegiatan tersebut, sekalipun pada hari itu terdapat beberapa perkumpulan yang juga mengadakan kegiatan yang serupa.

3

Potret Kegiatan Permainan Psychogame

Seluruh peserta tampak kompak dan antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Game outbound dilakukan secara rolling, dari pos satu menuju pos berikutnya. Cuaca yang cerah pada hari itupun sangat mendukung kebersamaan yang dilakukan oleh komunitas kepengurusan DAKOTA. Suara tertawa yang renyah dan riang para peserta, serta selalu dibumbui dengan slogan “Dakotamatra…Bismillah Barokah” menambah kesemangatan mereka dalam menjalankan kegiatan tersebut. Kemudian memasuki acara terakhir yaitu makan siang bersama, yang sebelumnya ditutup dengan acara game terakhir. Bagi kelompok yang berhasil melewati tantangan yang disajikan oleh trainer, maka kelompok peserta tersebut diperbolehkan untuk makan siang terlebih dulu.

4

Game Terakhir dan Makan Siang

Cukup sekian dari kami, kritik dan saran yang membangun dalam segala hal, kami terima dengan ridho dan atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih, Jazakumullohu Khoiro. (laila)

Check Also

Guna Membina Generasi Penerus, LDII Ajarkan Pengenalan A Qur’an Sejak Dini

Festival caberawit ceria diselenggarakan di aula Baitul Manshurin desa Mangliawan, kecamatan Pakis Kabupaten Malang (29/10). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *