Home ~ Berita LDII Kab Malang ~ Safari Ramadhan Pemkab Malang Bersama LDII dan Ormas ke Kecamatan Kasembon

Safari Ramadhan Pemkab Malang Bersama LDII dan Ormas ke Kecamatan Kasembon

12

GARIS MEDIA Kasembon (23/6) – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan yang penuh ampunan dan rahmat dari Allah SWT, pintu surga yang dibukakan sebesar-besarnya bagi umat Islam yang mau bertobat. Bulan yang ditunggu-tunggu dari 12 bulan yang ada selama 1 tahun itu. Pemerintah Kabupaten Malang sudah menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadhan untuk menggelar acara silaturrahim yang bertajuk Safari Ramadhan dengan keliling ke berbagai tempat di Kabupaten Malang mulai ujung utara bagian barat hingga ujung selatan Malang bagian timur dan barat. Agenda pertama Safari Ramadhan kali ini diselenggarakan di Kecamatan Kasembon tepatnya di Desa Sukosari.

2
Kegiatan Safari Ramadhan kali ini mengundang beberapa instansi pemerintah, ormas Islam, dan beberapa elemen masyarakat dan tokoh setempat. Acara yang dihadiri oleh Bapak Bupati Kabupaten Malang H. Rendra Kresna beserta jajarannya di pemerintahan, Forum Pimpinan Daerah, dan jajaran Muspika Kecamatan Kasembon, Ketua MUI KH. Achmad Fadhol Hijjah, Ketua DMI KH. Imam Sibaweh beserta jajaran ormas lainnya. Tidak lupa perwakilan PC Nadhlatul Ulama, PD Muhammadiyah Drs. Nurul Khumaidi, M.Ag, Ketua DPD LDII Kabupaten Malang Bapak Drs. H. Abdulloh Wakit, LPTQ, IPHI, BWI, dan BAZ Kabupaten Malang.

Acara Safari Ramadhan tahun ini berlangsung selama 3 minggu ke depan dalam waktu 9 hari ini beragendakan kegiatan Bakti Sosial kepada masyarakat sekitar dengan menyantuni guru atau ustadz dan anak-anak yatim yang perlu untuk diperhatikan secara sosial. Dalam hal pembangunan masjid juga turut diberikan dana pemeliharaan agar masyarakat semakin rajib beribadah di masjid. Acara dimulai pukul 15.00 di Balai Desai Sukosari yang turut memeriahkan suasana dengan pengajian bersama warga sembari menunggu kedatangan Bapak Bupati. Kedatangan Bapak Bupati H. Rendra Kresna pukul 17.00 memeriahkan suasana antusiasme warga dalam melihat sosok pemimpin di Kabupaten Malang ini. Tidak banyak acara pada sesi di Balai Desa Sukosari ini hanya acara sholat berjamaah dan buka bersama warga sekitar.

Sesi kedua berlanjut di Masjid Baiturrohmat Desa Sukosari untuk sholat tarawih berjamaah dan sesi tausiyah dari Bapak Bupati H. Rendra Kresna. Dalam sesi sambutan, pertama kali disambut oleh Ketua Ta’mir Masjid Baiturrohmat Bapak KH. Hadi Baiduzaman. Beliau menyambut secara hangat kedatangan Bapak Bupati beserta rombongan di pemerintahan. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa di Kecamatan Kasembon ini sering sekali mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten Malang, seperti bantuan pembangunan jembatan dan di 53 titik bantuan lain di Kasembon.

1

5

3
Sesi selanjutnya penyampaian tausiyah dari Bapak Bupati H. Rendra Kresna dalam menyambung tali silaturrahim kepada masyarakat Kasembon. Beliau mengutarakan ucapan terima kasih kepada para jajaran pemerintahan yang sudah membantu menyelenggarkan acara ini, jajaran Muspika Kasembon selaku tuan rumah safari ramadhan hari pertama ini, Pengadilan Negeri dan Negeri Agama, DPRD Kabupaten Malang, Sekretariat Daerah, beberapa Ormas Islam, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Nadhlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah. Sedikit selingan dalam tausiyahnya, di tahun 2015 ini akan ada Mukhtamar NU yang salah satunya akan menlaunching ‘Islam Nusantara’. Istilah ini berarti umat yang beragama Islam namun bercirikhaskan karakteristik bangsa Indonesia. ‘Bukan berarti sekelompok orang yang berteriak Allahu Akbar lalu merusak berbagai fasilitas umum, TIDAK. Bukan seperti itu,” tutur beliau sambil menjelaskan arti penting istilah baru tersebut. Sesi selanjutnya berlanjut acara pembagian bantuan sosial secara simbolis kepada guru agama setempat berupa pemberian 10 Mushaf Al-Qur’an. Bantuan lain berupa 100 paket sembako untuk kaum dhuafa’, dana senilai Rp 10 juta untuk pemeliharaan masjid, dan Rp 15 juta untuk 15 anak di tiga panti asuhan sekitar Desa Sukosari. (*/an)

Check Also

Guna Membina Generasi Penerus, LDII Ajarkan Pengenalan A Qur’an Sejak Dini

Festival caberawit ceria diselenggarakan di aula Baitul Manshurin desa Mangliawan, kecamatan Pakis Kabupaten Malang (29/10). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *